BAWANG DAYAK OBAT DIABETES: Cara Cepat Menurunkan Gula Darah

Herbalogi.com – Khasiat bawang dayak untuk diabetes sebagai obat herbal dapat menurunkan gula darah dengan cepat secara alami.

Bawang Dayak (Eleutherine Americana) juga dikenal dengan Bawang Berlian, juga Bawang Tiwai. Bawang Dayak berasal dari Kalimantan Barat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Namun, Bawang Dayak belum dikenal masyarakat luas, ternyata bawang hutan atau bawang kambe begitu masyarakat dayak menyebutnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sedangkan masyarakat melayu menyebutnya dengan bawang mekah.

Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sehingga sangat wajar khasiatnya banyak. Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin.

Senyawa flavonoid dapat berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkap radikal bebas.

Kekuatan aktivitas antioksidan senyawa flavonoid tergantung pada jumlah dan posisi dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Semakin banyak gugus OH, aktivitas antiradikalnya semakin tinggi.

Beberapa penelitian dan pengujian telah dilakukan untuk membuktikan khasiat bawang dayak. Di antaranya oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung yang mengkaji pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak.

Bawang dayak dapat digunakan langsung secara segar atau dikeringkan. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, sebaiknya bawang dayak diperoleh ketika pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif, yaitu ketika baru muncul kuncup bunga.

Naiknya popularitas bawang dayak sangat beralasan karena didukung oleh bukti-bukti akurat yang telah merasakan khasiat dahsyat bawang dayak.

Salah satunya dialami oleh Ibu Titiek Sri Rahayu, asal Jakarta. Ia mencoba mengonsumsi bawang dayak setelah divonis menderita kanker payudara oleh dokter.

Ketika itu, dokter menyarankannya untuk menjalani operasi pengangkatan payudara. Ia rajin mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari, yaitu saat pagi, siang, dan sore.

Alhamdulillah, benjolan yang semula 7 cm x 4 cm tinggal sebesar kacang tanah. Ia merasakan betul khasiatnya dengan menyaksikan penyusutan massa benjolannya dari hari ke hari.

Khasiat bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit berbahaya, bahkan mematikan.

Misalnya, diabetes mellitus, mioma, maag (radang lambung), jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, dan peningkat gairah seksual.

Jual Bawang Dayak Asli
Bawang Dayak / Bawang Berlian

Hasil penelitian Alia Mustika Nur, alumnus Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), menunjukkan umbi tanaman anggota famili Iridaceae itu mengandung senyawa naphtokuinones dan turunannya seperti elecanacine, eleutherine, eleutherol, dan eleuthernone.

Naphtokuinones dikenal ampuh sebagai antikanker, antioksidan, antimikroba, anticendawan, antivirus, dan antiparasitik.

Cara Cepat Menurunkan Gula Dara dengan Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki kandungan fotokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial.

Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik.

Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, Bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba.

Senyawa aktif dalam bawang dayak adalah alisin (Alychins). Senyawa itu dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekentalan darah. Bawang dayak juga kaya antosianin, yakni senyawa pewarna alami yang memberi warna merah pada umbi.

Menurut Prof Dr Sidik Apt, guru besar emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, senyawa aktif dalam bawang berlian adalah alisin. “Senyawa itu dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekentalan darah,” ujar Sidik.

Antosianin berfaedah sebagai antioksidan yang berperan menetralkan radikal bebas. Sejatinya antosianin bersifat mudah larut dan terurai dalam air.

Oleh karena itu untuk memperoleh faedah senyawa aktif itu cukup gunakan pelarut air. Caranya dengan menyeduh irisan satu siung (30 gram) bawang dayak menggunakan segelas air panas, atau memanaskan dengan api kecil tapi tidak sampai mendidih. Karena, sebagian senyawa aktif pada tanaman gampang rusak bisa dipanaskan lebih dari 90C.

Cara lain mengonsumsi bawang dayak adalah dengan cera mengolahnya menjadi serbuk. Dengan dijadikan serbuk, senyawa masih menyerupai aslinya, tidak terjadi degradasi. Untuk membuat serbuk, cuci umbi segar, iris tipis 3 mm, kemudian keringkan.

Pengeringan bisa menggunakan oven dengan suhu maksimal 40C hingga kadar air kurang dari 10%. Atau cukup kering anginkan irisan bawang dayak, tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk membuat serbuk, cuci umbi segar, iris tipis 3 mm, kemudian keringkan. Pengeringan bisa menggunakan oven dengan suhu maksimal 400C hingga kadar air kurang dari 10%.

Atau cukup kering anginkan irisan bawang dayak tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Irisan bawang sabrang kering setelah 2–3 hari bila temperatur 28–30C. Selanjutnya giling irisan kering itu menjadi serbuk.

Serbuk bawang dayak bisa dikonsumsi dengan cara diseduh, hindari menyeduh dengan air mendidih, cukup dengan air hangat suam-suam kuku.

Baca juga :

Bukti Khasiat Bawang Dayak Obat Diabetes Mujarab

Silahkan berbagi pengalaman dan berdiskusi seputar bawang dayak di kolom komentar. Salam Herbalogi.***

BAWANG DAYAK OBAT DIABETES: Cara Cepat Menurunkan Gula Darah
5 (100%) 3 votes

Tags : Manfaat bawang dayak, khasiat bawang dayak, manfaat bawang dayak untuk diabetes, bawang dayak untuk diabetes, khasiat bawang dayak untuk diabetes, kasiat bawang dayak, cara mengolah bawang dayak untuk diabetes, cara mengkonsumsi bawang dayak, bawang berlian, bawang hutan

13 pemikiran pada “BAWANG DAYAK OBAT DIABETES: Cara Cepat Menurunkan Gula Darah

    • saya kemarin lusa beli bawang dayak di depan gedung dinas pendidikan kabupaten bogor, cibinong. harganya 50rban se kepal. ada juga katanya di sempur, dekat kebun raya bogor.

  1. Terima kasih atas infonya kebetulan saya orang dayak yang punya tanaman bawang dayak tanaman tersebut sering kami orang dayak gunakan untuk anak-anak demam malam,selebihnya saya belum tau manfaatnya.

  2. Bawang dayak memang sdh terbukti berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit dari yg ringan sampai penyakit berat.

  3. Luar biasa,!” mari kita perkenalkan umbi ajaib ini ke seluruh masyarakat Indonesia,!” jika ada obat mujarab, harga murah, aman, tanpa efek samping,!” Kenapa mesti ke Singapore?!,Hilangkan rasa rendah diri bangsa ini, dengan menggunakan pengobatan dalam negri,dan bangga dengan apa yang ada diaekitar kita,!” Bawang Dayak,!” Bravo,!”

  4. Kalo ditanam di bandung bisa tumbuh tidak? bibit tanaman beli dimana? dan kasiatnya akan sama kalo tumbuh dibandung?
    dan kalo mau minum/makan obat bawang dayak,baca BASMALAAH….. DAN SHOLAWAT NABI. amiin
    Semoga Lekas sembuh.Temans

  5. Saya pengin tahu kalau bawang dayak dikonsumsi mentah seperti bawang mersh dicampur kecap untuk penambah selera makan , apakah khasiatnya juga sama?

Tinggalkan komentar