Beberapa Penyakit Yang Dapat dicegah dengan Kedelai

Ada begitu banyak cara untuk hidup sehat. Salah satu cara yang sering dipakai adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan gizi. Salah satu bahan makanan yang ideal adalah Kedelai.

kedelai yang kaya akan protein dan berbagai zat lainnya mampu mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh anda. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kedelai.

Osteoarthritis

Osteoarthritis

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan, vitamin E yang terkandung dalam kedelai dapat mencegah serta meredakan osteoarthritis.

Osteoarthritis sendiri merupakan suatu kondisi dimana terasa nyeri pada persendian karena inflamasi ringan yang diakibatkan oleh adanya gesekan di ujung-ujung tulang penyusun sendi di dalam tubuh.

Selain dapat mencegah osteoarthritis, vitamin E juga sangat baik untuk meningkatkan mobilitas sendi dan meredakan nyeri yang diakibatkan oleh rematik

Kanker

Kedelai adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan zat antioksidan seperti selenium, vitamin E dan lain-lain.

Zat tersebut bersifat antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh.

Migren

migraine

Aktivitas sehari-hari anda akan terganggu jika anda terkena serangan migren. Untuk mengatasinya, maka anda dapat mengkonsumsi kedelai secara rutin karena kacang ini memiliki kandungan vitamin B kompleks yang sangat kaya. Selain itu, terdapat juga mineral dan asam amino yang dapat membantu meredakan serta mencegah terjadinya migrain.

Menghentikan Gejala Menopause

Terdapat isoflavon dan vitamin E di dalam susu kedelai. Kandungan beberapa zat tersebut dapat meringankan keluhan yang biasanya dialami oleh wanita yang menderita menopause.

Beberapa keluhan tersebut diantaranya adalah rasa panas, sembelit insomnia dan mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Intoleransi Laktosa

Untuk para penderita alergi ataupun intoleransi laktosa, susu kedelai adalah susu pengganti susu sapi yang sangat baik.

Karena para penderita intoleransi laktosa memiliki sistem penceranaan yang tidak dapat menyerap dan mencerna laktosa yang merupakan karbohidrat yang berada di dalam susu hewan.

Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya produksi dari enzim laktase pada tubuh penderita.

Oleh karena itulah, susu kedelai menjadi sebuah solusi yang sangat baik supaya tubuh tetap bisa mendapat asupan zat gizi yang sangat penting bagi tubuh yang biasanya hanya bisa didapat dari susu sapi.

BACA JUGA :  Manfaat Dari Oregano Sebagai Obat

Menstabilkan Kolesterol

Terdapat kandungan dynamite duo dalam kedelai yang ampuh dalam menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan dynamite duo tersebut adalah lesitin dan isoflavon.

Lesitin adalah zat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Sedangkan isoflavon adalah zat yang berfungsi sebagai antioksidan, zat tersebut juga mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain mampu mencegah beberapa penyakit, kedelai juga dapat menjaga berat badan sehingga tubuh tetap ideal karena kandungan serat di dalam kedelai dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga porsi makan menjadi tidak terlalu berlebihan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: