5 Cara Menghilangkan Selulit Pada Lengan

Memiliki tubuh yang ideal dengan kulit yang indah merupakan dambaan setiap wanita. Sayangnya, kulit wanita sangat rentan terhadap selulit.

Selulit dapat muncul di bagian kulit manapun, seperti pinggang, betis, ataupun bagian belakang tubuh. Bagian tubuh yang tertutup tersebut tentunya tidak terlalu mempengaruhi penampilan.

Akan tetapi, selulit juga dapat muncul di lengan. Lengan merupakan bagian yang sering terlihat ketika wanita mengenakan pakaian terbuka.

Bagi wanita yang sering menggunakan pakaian semacam itu, memiliki selulit di lengan tentunya menjadi hal yang sangat memalukan.

Apabila Anda mengalami masalah selulit yang muncul di bagian lengan, maka Anda tidak perlu cemas. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara untuk menghilangkan selulit yang muncul di area tersebut.

Dengan melakukan cara berikut dengan benar, maka Anda dapat mengenakan pakaian berlengan pendek lagi tanpa harus malu dengan selulit di lengan.

Memahami Selulit

Sebenarnya, selulit tidak jauh berbeda dengan timbunan lemak pada tubuh. Secara singkat dapat dikatakan bahwa selulit merupakan lemak yang menumpuk pada lapisan lemak di bawah kulit.

Lapisan ini dipisahkan dari lapisan kulit luar oleh jaringan penghubung. Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki jaringan penghubung dengan struktur yang tidak sama satu sama lain.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Oleh karena itu, tidak heran apabila efek selulit pada setiap orang tidaklah sama.

Ketika lapisan lemak tersebut menebal, maka ketebalan lemak mendorong jaringan penghubung keluar. Inilah yang memunculkan tonjolan lemak yang disebut dengan selulit.

Pada bagian tertentu, selulit mungkin tidak terlihat begitu jelas. Akan tetapi, pada lengan keberadaan selulit terlihat sangat jelas. Selulit sendiri tidak berbahaya terhadap kesehatan kulit atau tubuh pada umumnya.

Hanya saja, selulit membuat penampilan menjadi tidak indah dan menurunkan kepercayaan diri ketika harus mengenakan pakaian yang terbuka. Untungnya, masalah kulit ini dapat diatasi dengan mudah.

Penyebab Selulit

Munculnya selulit pada lengan sering diidentikkan dengan kegemukan. Padahal, kegemukan belum tentu menjadi faktor penyebab selulit.

Lalu apakah sebenarnya yang memicu timbulnya selulit? Selulit dapat muncul tanpa mempedulikan jenis kulit, jenis kelamin, bahkan kondisi genetis pada kulit seseorang.

Penyebab tersebut tidak dapat dielakkan lagi karena merupakan bagian dari diri seseorang. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa selulit tidak dapat disembuhkan atau dicegah.

Selulit pada lengan juga disebabkan oleh beberapa hal lain seperti penumpukan lemak yang tidak didistribusikan secara merata, kekurangan cairan tubuh, dan gaya hidup tidak sehat.

Penyebab semacam inilah yang dapat dihindari. Terlepas dari penyebab timbulnya masalah tersebut, sebenarnya selulit pada lengan dapat dicegah dan disamarkan.

Dengan begitu, kita dapat memakai pakaian berlengan pendek lagi tanpa perlu takut selulit pada lengan terlihat dengan jelas.

BACA JUGA :  11 Cara Menghilangkan Selulit dan Mengenalinya Lebih Dalam

Lima Cara Menghilangkan Selulit pada Lengan

Ketika musim panas tiba, sangat wajar apabila kita mengenakan pakaian berlengan pendek. Beberapa orang juga lebih memilih menghindari panas dengan bermain ke kolam renang atau ke pantai.

Hal tersebut akan lebih menyenangkan apabila kita mengenakan pakaian terbuka atau yang berlengan pendek. Sayangnya, keberadaan selulit yang muncul pada lengan membuat kita mengurungkan niat tersebut.

Berikut ini adalah lima cara menghilangkan selulit pada lengan. Beberapa di antaranya mampu menghilangkan selulit sepenuhnya. Sementara sebagian lain hanya membantu untuk menyamarkan.

Tentunya manfaat yang kita dapat tidak secara permanen. Meskipun efek tersebut hanya sementara, setidaknya kita tidak perlu merasa tidak percaya diri ketika harus mengenakan pakaian terbuka.

  1. Menggunakan Tanner
  2. Untuk membuat kulit terlihat coklat dan eksotis, beberapa orang menghabiskan waktunya dengan berjemur di bawah sinar matahari.

    Daripada menghabiskan waktu untuk membuat warna kulit menjadi kecoklatan dengan cara berjemur, kita juga dapat menggunakan tanner yang lebih efektif. Tanner dapat digunakan melalui dua langkah.

    Setelah mengoleskan lotion tanner, proses ini sebaiknya diikuti dengan menyemprotkan tanner dalam bentuk spray. Pilihlah produk perawatan yang bebas dari bahan kimia berbahaya untuk proses ini.

    Mengapa kita perlu membuat warna kulit menjadi coklat? Selulit akan terlihat lebih jelas pada kulit berwarna cerah.

    Untuk membuat kulit terlihat coklat, Anda disarankan untuk menggunakan produk tanner yang terbuat dari bahan alami tanpa berbagai zat kimia berbahaya.

  3. Memperbanyak Minum Air
  4. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, tubuh kita memerlukan air dalam jumlah yang banyak.

    Jumlah air yang disarankan untuk dapat membantu tubuh berfungsi dengan baik adalah delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari. Tentunya jumlah ini bisa berubah tergantung dengan aktivitas keseharian kita.

    Selain untuk memperlancar fungsi tubuh, air mineral juga baik untuk kesehatan kulit. Apabila kulit mengalami dehidrasi, maka ia akan menjadi kering dan kusam. Pada kondisi semacam ini, selulit dapat muncul dengan mudah.

    Mengonsumsi air mineral sebanyak itu terkadang tidaklah mudah. Untuk mengatasinya, minumlah air putih sebelum makan. Dengan demikian, kita akan tahu apakah tubuh merasa haus atau lapar.

    Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi kita yang sedang ingin menurunkan berat badan.

  5. Memakai Tabir Surya
  6. Seperti yang telah dijelaskan di atas, membuat kulit menjadi coklat merupakan cara terbaik untuk menyamarkan selulit. Meskipun demikian, berjemur di bawah terpaan sinar matahari langsung sangat tidak disarankan.

    Bagi Anda yang ingin melakukan hal ini, jangan lupa untuk mengenakan tabir surya. Terpaan sinar matahari mengandung sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet pada kulit dapat merusak keberadaan kolagen.

    Padahal, kolagen merupakan zat yang sangat diperlukan untuk menjaga kulit terbebas dari selulit. Tanpa kolagen, selulit dapat berkembang dengan mudah pada kulit.

    Untuk melakukan hal ini, pilihlah tabir surya yang tidak terbuat dari bahan kimia berbahaya. Dengan demikian, kita tidak perlu takut akan efek samping yang akan ditimbulkannya.

  7. Mengatur Makanan
  8. Kita telah mengetahui bersama bahwa selulit pada dasarnya adalah lemak yang terbentuk pada lapisan lemak di bawah kulit. Lemak terbentuk karena makanan yang kita makan sehari-hari.

    Oleh karena itu, mengatur makanan yang tidak memicu terbentuknya lemak sangat disarankan. Jauhi makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat.

    Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang berasal dari buah atau sayur. Buah atau sayur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi sari buah juga baik untuk dilakukan agar kulit terlihat lebih sehat.

    Vitamin pada buah dapat membantu menghilangkan racun dalam sistem tubuh kita. Terlebih lagi, vitamin tersebut berguna untuk menutrisi kulit agar terlihat lebih segar.

  9. Mulai Berolahraga
  10. Selulit yang disebabkan oleh faktor keturunan memang tidak dapat dihilangkan begitu saja. Akan tetapi selulit yang disebabkan oleh kelebihan lemak dapat ditanggulangi dengan melakukan olahraga secara teratur.

    Mengapa menurunkan berat badan dapat menghilangkan selulit? Ketika berolahraga, metabolisme pada tubuh berlangsung lebih cepat. Proses ini membakar lemak menjadi lebih cepat pula.

    Dengan demikian, lemak pada tubuh semakin banyak yang terurai. Lemak ini termasuk pada timbunan lemak pada lapisan kulit. Melakukan olahraga dapat dimulai dengan sesuatu yang sederhana seperti lari pagi.

    Apabila Anda tidak tahu harus memulai dari mana, sebaiknya konsultasikan dengan instruktur kebugaran. Beri tahu instruktur Anda bahwa Anda perlu menghilangkan selulit pada bagian lengan.

    Instruktur akan memberitahukan latihan apa yang cocok untuk keperluan tersebut.

BACA JUGA : 11 Cara Menghilangkan Selulit dan Mengenalinya Lebih Dalam

Kesimpulan

Secara umum dapat disimpulkan bahwa selulit pada lengan merupakan sesuatu yang sangat memalukan. Selulit dapat muncul karena beberapa sebab. Penyebab selulit seperti faktor genetis tidak dapat dihilangkan begitu saja.

Akan tetapi, selulit yang disebabkan oleh hal lain dapat dihilangkan menggunakan lima cara di atas. Untuk melakukan hal tersebut, kulit harus dalam kondisi prima. Minumlah air yang cukup agar tubuh tidak kekurangan air.

Apabila Anda ingin berjemur, gunakanlah tabir surya untuk melindungi diri dari sengatan sinar ultraviolet secara langsung. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan kolagen.

Gunakan tabir surya dari bahan yang alami. Selain itu, Anda juga perlu menurunkan berat badan jika merasa sudah kegemukan. Proses ini dapat dilakukan dengan berolahraga.

Olahraga mempercepat metabolisme yang akan membakar lebih banyak lemak, termasuk lemak pembentuk selulit pada lengan.***

Tags : tanda2 badan tidak sihat
Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: