11 Cara Menghilangkan Selulit dan Mengenalinya Lebih Dalam

Herbalogi.com  — Cara Menghilangkan Selulit ∗ Para wanita yang ingin tampil cantik dan memiliki bentuk tubuh ideal biasanya menjadi minder dan tidak percaya diri karena adanya selulit.

Bagi beberapa wanita, memiliki selulit merupakan hal yang sangat memalukan.

Mereka sengaja tidak pergi ke pantai atau ke kolam renang hanya karena takut ada orang lain yang melihat bagian tubuh mereka yang tertutup oleh selulit.

Memang selulit bukanlah sesuatu yang membanggakan.

Lebih buruknya lagi, selulit bisa muncul di bagian tubuh manapun. Selain paha atau betis, selulit juga dapat muncul di lengan atas.

Paha dan betis mungkin dapat ditutup dengan mudah, akan tetapi menutupi seluruh lengan terus-menerus mungkin membuat Anda menjadi tidak nyaman.

Oleh karena alasan tersebut, artikel kali ini didedikasikan secara khusus untuk wanita yang ingin menghilangkan selulit dari tubuh mereka. Beberapa orang beranggapan bahwa selulit disebabkan oleh kelebihan berat bedan.

Akan tetapi, selulit tidak selalu berhubungan dengan kegemukan.

Adalah hal yang wajar apabila beberapa wanita terlahir dengan bentuk tubuh yang berbeda dengan wanita lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan mereka menghabiskan waktu di depan cermin dan berpikir bahwa dirinya gemuk, padahal sejatinya tidak.

Lalu apakah sebenarnya selulit itu? Kali ini kita akan membahasnya lebih dalam untuk mengetahui apa penyebab dan bagaimana solusinya.

Apa Itu Selulit?

Mengenal Selulit Lebih Dalam

Secara umum, selulit dikategorikan sebagai gumpalan yang muncul pada bagian tubuh tertentu.

Pada beberapa orang, gumpalan tersebut dapat ditemukan di paha dan betis.

Akan tetapi, sebagian yang lain ada di lengan maupun bagian tubuh belakang.

Karena memiliki karakteristik dapat muncul di mana saja, selulit menjadi sulit untuk disembunyikan.

Memiliki selulit merupakan sesuatu yang memalukan karena selulit bisa membuat penampilan menjadi kurang indah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak sedikit wanita yang beranggapan bahwa selulit terjadi karena kegemukan.

Selain kegemukan, kebiasaan mengangkat beban berat juga sering diidentikkan dengan selulit.

Akan tetapi, masalah ini tidak selalu disebabkan oleh hal tersebut, mengingat wanita kurus juga bisa memiliki selulit.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya pembentukan selulit?

Apa saja yang menyebabkan selulit?

Cara Cepat Menghilanglan Selulit

Peristiwa pembentukan selulit terjadi pada lapisan kulit manusia.

Di bawah lapisan kulit terluar manusia, terdapat jaringan pengghubung dan lapisan lemak. Lapisan lemak ini dapat tumbuh dan menebal.

Penebalan lapisan lemak kemudian menonjol keluar. Karena lapisan tersebut berada tepat di bawah jaringan penghubung, maka tonjolan lemak menjadi berbentuk gumpalan-gumpalan.

Dari luar, gumpalan tersebut terlihat tidak indah dipandang mata. Selulit semacam ini lebih sering terjadi pada wanita, tanpa memandang bentuk tubuh mereka.

Selain itu, masalah kulit ini juga merupakan faktor keturunan.

Ini berarti bahwa wanita yang kurus sekalipun dapat terkena selulit apabila ada anggota keluarganya yang juga memiliki masalah yang sama.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegemukan tidak selalu menjadi penyebab utama selulit.

Selulit sendiri hanyalah sebuah petanda bahwa jaringan penghubung di bawah kulit memiliki struktur yang berbeda dengan orang kebanyakan.

Orang yang menderita masalah kulit ini biasanya memiliki jaringan penghubung yang membuat lapisan lemak menebal di seluruh jaringan tersebut.

Hal ini sangat disayangkan karena seharusnya lapisan lemak didistribusikan secara merata.

Kondisi ini juga dapat diartikan bahwa pelatih kebugaran sekalipun dapat memiliki selulit apabila jaringan penghubungnya dalam keadaan seperti yang dijelaskan di atas. Setidaknya, ada berita bagus tentang hal tersebut.

Selulit dapat dihilangkan dengan menggunakan cara alami tanpa Anda harus meminum obat dengan efek samping atau bahan kimia berbahaya.

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami

Cara Menghilangkan Selulit dengan Olahraga

Olahraga

Olahraga merupakan cara alami yang pertama karena aktivitas ini mampu menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Sehubungan dengan penyakit selulit, olahraga sudah terbukti ampuh dalam menjaga agar jaringan penghubung pada kulit tetap terlihat halus. Hal ini tentunya akan mencegah munculnya selulit.

Melakukan olahraga secara rutin tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi dampak dari selulit, namun juga membuat kulit menjadi lebih kencang.

Untuk mendukung hal ini, telah dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh olahraga terkait dengan jumlah selulit.

Penelitian yang dilakukan selama dua bulan penuh tersebut memperlihatkan bahwa jumlah selulit menurun secara drastis.

Agar dapat menguranginya dengan efektif, Anda sangat disarankan untuk menggunakan bantuan instruktur kebugaran. Fokuskan olahraga pada bagian tubuh yang terdapat selulit.

BACA JUGA :  5 Cara Menghilangkan Selulit Pada Lengan

Mengatur pola makan sehat

Cara Menghilangkan Selulit dengan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat tidak dapat dipisahkan dari olahraga. Keduanya perlu dilakukan secara berdampingan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengatur pola makan dapat membantu untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

Karena selulit pada dasarnya adalah lapisan lemak yang menebal, ini berarti selulit juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Hal ini mungkin tidak semudah yang terlihat.

Karena kesibukan aktivitas sehari-hari, terkadang kita mengabaikan waktu makan. Sebagai gantinya, kita mengonsumsi makanan siap saji yang belum tentu sehat.

Menghindari makanan siap saji merupakan cara efektif untuk mencegah timbulnya selulit. Sebisa mungkin, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan garam.

Menurunkan berat badan

Pada kasus tertentu, selulit terjadi karena penimbunan lemak pada lapisan kulit.

Melakukan olahraga secara teratur dan mengatur pola makan yang sehat akan sangat membantu untuk menurunkan timbunan lemak tersebut.

Ketika berat badan bertambah, maka lapisan lemak tersebut akan menebal.

Sebaliknya, lapisan lemak dapat ditipiskan dengan cara mengurangi berat badan.

Menurunkan berat badan terlihat seperti sesuatu yang berat untuk dilakukan.

Untuk memulainya, Anda bisa mengonsumsi jus buah-buahan.

Jus tersebut mengandung nutrisi serta vitamin yang mampu untuk membersihkan sistem dari timbunan lemak.

Asupan nutrisi yang cukup juga baik untuk menjaga kesehatan.

Perawatan dengan rumput laut

Cara menghilangkan selulit selanjutnya sangat unik karena melibatkan rumput laut.

Rumput laut memiliki karakteristik sebagai pengelupas sel kulit mati secara alami.

Sudah sejak lama masyarakat Asia memanfaatkan rumput laut dan ganggang laut sebagai bahan makanan.

Mereka menyadari bahwa keduanya merupakan sumber berbagai jenis nutrisi alami yang berasal dari laut.

Selain dikonsumsi dalam bentuk makanan, masyarakat Asia juga memanfaatkan rumput laut sebagai produk perawatan kulit.

Ekstrak rumput laut tersebut diproses menjadi bentuk serbuk atau lulur untuk kemudian dioleskan di permukaan kulit.

Ekstrak rumput laut terbukti mampu mengangkat sel kulit mati.

Terlebih lagi, bahan ini juga berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh serta memperkecil kemungkinan berkembangnya selulit pada kulit.

Pasta tomat

Sebagian dari kita mengenal pasta tomat sebagai pelengkap hidangan Italia. Pasta tomat memang memiliki cita rasa yang khas apabila dihidangkan untuk spaghetti.

Meskipun demikian, tidak banyak yang tahu bahwa pasta tomat juga baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah timbulnya selulit. Di dalam pasta tomat, terkandung nutrisi yang disebut dengan lycopene.

Antioksidan ini mampu untuk mencegah kerusakan kolagen. Mengapa kolagen sangat penting untuk mencegah selulit? Kolagen memiliki tugas untuk menjaga agar lapisan kulit menjadi lebih tebal.

Hal ini mencegah terbentuknya kantong-kantong tempat menumpuknya lapisan lemak kulit. Seperti yang kita tahu, lapisan lemak kulit inilah yang menyebabkan timbulnya selulit.

Dengan tebalnya lapisan kulit, maka selulit tidak akan nampak dengan jelas dari luar meskipun terdapat tumpukan lemak pada lapisan lemak kulit.

Anda sangat disarankan untuk mengikut sertakan pasta tomat pada setiap hidangan makan malam, terutama dalam masakan Italia.

Menjaga kandungan air dalam tubuh

Ketika kulit kekurangan air, maka kulit akan terlihat kering. Tidak hanya itu, kulit juga menjadi pecah-pecah dan kusam.

Ketika kandungan air dalam tubuh sedikit, maka hal ini akan mempermudah lapisan lemak kulit untuk mengisi kekosongan pada lapisan kulit.

Menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi ternyata tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit, namun kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jumlah air yang harus diminum untuk menjaga kandungan air tetap seimbang dalam tubuh adalah delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari. Bagi sebagian orang, mengonsumsi air sebanyak itu merupakan hal yang sulit.

Untuk mengatasinya, tambahkan beberapa lembar daun mint atau mengonsumsinya dengan jus lemon.

Selain menambah cita rasa, jus lemon juga baik untuk kesehatan.

Hindari mengonsumsi alkohol atau minuman bersoda karena hal tersebut justru akan membuat tubuh menjadi mudah dehidrasi.

Menghilangkan sel kulit mati

Lapisan terluar kulit merupakan kumpulan dari sel yang berinteraksi terhadap apa saja yang berada di luar tubuh kita. Karena interaksi ini, terkadang sel tersebut menjadi mati.

Sayangnya, sel kulit mati tidak langsung tergantikan begitu saja apabila masih menempel pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit terlihat bersisik dan kusam.

Untuk mengakali hal ini, gosoklah lapisan kulit terluar secara perlahan. Lapisan sel kulit yang sudah mati akan ikut terkelupas.

Fungsi dari penggosokan ini adalah untuk membuat lapisan kulit mati segera tergantikan dengan yang baru. Selain dapat membuat kulit menjadi nampak cerah dan mulus, metode ini juga mampu mencegah selulit.

BACA JUGA :  Cara Membersihkan Jerawat Pada Punggung Secara Alami

Sangat disarankan untuk mengolesi pelembab setelahnya. Pelembab akan membantu kulit agar tidak mengalami dehidrasi.

Berhenti merokok

Secara umum, merokok tidak baik untuk kesehatan. Selain mengganggu sistem pernafasan, nikotin yang terkandung pada rokok juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dalam keadaan sehat, kulit akan memproduksi kolagen.

Merokok dapat menghambat pembentukan kolagen tersebut. Padahal, kolagen sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Kekurangan kolagen akan mempertipis lapisan kulit terluar. Sebagai akibatnya, selulit yang berasal dari lapisan lemak kulit akan terlihat dengan jelas. Berhenti merokok begitu saja tidak semudah kelihatannya.

Apabila terjadi kesulitan, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi rokok secara berangsur-angsur sampai tidak mengonsumsinya sama sekali.

Perokok yang sudah merasa kecanduan parah juga sebaiknya segera menemui konsultan agar sukses dalam program berhenti merokok.

Mengonsumsi biji flax (rami)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kolagen merupakan bagian terpenting dari kulit manusia yang mencegah terbentuknya selulit. Seiring waktu, produksi kolagen semakin lama semakin menipis.

Tidak hanya itu, proses pembentukan kolagen menjadi lebih lambat karena pengaruh nikotin pada rokok. Untuk membantu proses pembentukan kolagen, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi biji flax.

Kandungan yang terdapat pada biji flax mampu menjaga agar pembentukan kolagen tetap berlangsung. Hal ini sangat penting mengingat kolagen sangat diperlukan untuk membuat kulit terlihat kencang dan mencegah pembentukan selulit.

Tambahkan biji flax dalam menu sarapan untuk membantu agar penyerapan manfaat biji flax menjadi lebih maksimal.

Pemijatan

Biasanya, orang melakukan pemijatan agar otot menjadi lebih santai dan menghilangkan ketegangan setelah lelah bekerja. Akan tetapi, pemijatan juga bermanfaat untuk menghilangkan selulit.

Metode ini memang tidak menawarkan penghilangan selulit secara permanen. Meskipun demikian, pemijatan dapat menghancurkan lapisan lemak kulit yang terbentuk.

Apabila dilakukan dengan benar, pemijatan dapat membuat kulit menjadi terlihat mulus tanpa selulit selama beberapa hari. Karena efeknya hanya sementara, sangat disarankan untuk melakukan pemijatan secara rutin.

Untuk acara seperti pergi ke pantai atau kolam renang yang memperlihatkan bagian luar tubuh, sebaiknya pemijatan dilakukan beberapa hari sebelumnya.

Menggunakan tanner

Tanner memiliki cara kerja yang berlawanan dengan pemutih kulit. Produk perawatan ini membantu kulit untuk terlihat lebih kecoklatan tanpa Anda harus berjemur di bawah terik matahari.

Apa hubungan antara kulit kecoklatan dengan selulit? Ya, selulit tentu akan terlihat begitu jelas apabila kulit Anda berwarna putih pucat. Oleh karena itu, tanner dapat membantu menyembunyikan selulit.

Perlu diingat bahwa metode ini tidak mengurangi selulit, namun hanya sekedar membuatnya tidak begitu terlihat. Cukup oleskan tanner pada bagian area yang terdapat selulit.

Meskipun tidak sepenuhnya hilang, akan tetapi tanner menawarkan solusi cepat untuk menyamarkan selulit.

Makanan Pencegah Selulit

Seperti yang sering kita dengar, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain menghilangkan selulit menggunakan 11 metode di atas, kita juga dapat mencegah timbulnya selulit sejak awal.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Terdapat berbagai jenis makanan yang berkhasiat untuk mencegah terbentuknya selulit.

Makanan sehat yang berasal dari buah antara lain semangka, nanas, blueberry, tomat, dan bayam. Semangka memiliki kandungan air yang banyak untuk mencegah kulit kering.

Sementara itu, nanas dan blueberry memiliki kandungan vitamin yang baik untuk membantu produksi kolagen. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan lycopene pada tomat membantu menebalkan lapisan kulit terluar.

Selain itu, bayam mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menyamarkan selulit.

Mencegah timbulnya selulit juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti minyak ikan atau telur. Minyak ikan kaya akan asam amino. Asam amino merupakan senyawa pembentuk protein.

Protein ini sangat dibutuhkan untuk memproses kolagen. Sementara itu, telur memiliki nutrisi penting bernama lecithin. Nutrisi ini digunakan untuk meremajakan kulit dengan cara memperbaiki dinding sel kulit yang rusak.

Mengonsumsi makanan-makanan tersebut sangat disarankan bagi Anda yang ingin memiliki kulit indah dan terbebas dari selulit.

Kesimpulan

Sebelas metode di atas dapat menghilangkan selulit secara alami. Proses penghilangan selulit tersebut berlangsung secara bertahap. Tidak ada metode khusus yang dapat menghilangkan selulit sekaligus.

Meskipun demikian, metode yang disebutkan di atas terbilang aman untuk kesehatan tubuh. Selulit sebenarnya juga dapat dihilangkan dengan melakukan suntikan obat tertentu.

Akan tetapi, metode tersebut mengandung bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan medis cukup mahal.

Dengan memanfaatkan metode alami, kita dapat memiliki penampilan kulit yang indah tanpa harus khawatir akan efek samping dan biaya yang mahal.

Tags : apa itu selulit, jika selulit hilang brarti kurus?
Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: