Efek Negatif dari Menghindari Karbohidrat Saat Diet

Ada begitu banyak wanita yang menginginkan berat badannya turun, tubuhnya menjadi langsing dan dapat memakai pakaian jenis apapun dengan terlihat sexy.

Ini terbukti dengan banyaknya wanita yang menjalankan program diet untuk mendapatkan hasil seperti itu.

Cara yang sering dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang memiliki karbohidrat didalamnya, contohnya seperti nasi, mie, kentang dan berbagai macam makanan lain yang memiliki tingkat karbohidrat cukup tinggi.

Cara seperti itu sebenarnya memiliki efek negatif karena tubuh membutuhkan karbohidrat dengan takaran yang pas.

Sebaiknya anda perlu memperhatikan asukan karbohidrat di dalam tubuh dan supaya anda tidak terlalu menghindari karbohidrat saat diet, maka anda perlu mengetahui beberapa masalah yang dapat muncul saat kekurangan karbohidrat.

Mudah Marah

mudah marah

Ada banyak laporan dari orang yang berdiet dan menghindari karbohidrat. Mereka mengatakan bahwa mereka sulit sekali untuk mengontrol emosi. Mereka menjadi lebih mudah marah, mudah merasa lelah dan mudah sekali stres.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hal tersebut kemungkinan terjadi karena kurangnya karbohidrat yang memiliki fungsi untuk dapat menghasilkan hormon bahagia dalam tubuh.

Dibandingkan dengan orang yang makan secara normal, maka orang yang menghindari karbohidrat terbukti menjadi lebih sering memiliki suasana hati yang tidak bahagia.

Sering Sembelit

sembelit

Apakan anda mengalami kesulitan untuk buang air besar ketika berdiet? Itu merupakan salah satu efek buruk dari menghindari karbohidrat.

Menurut Dr Stephen Sondike, saluran pencernaan anda mengalami perubahan metabolik ketika anda sedang berdiet.

Perubahan tersebut dapat membuat sistem pencernaan menjadi tidak bekerja seperti seharusnya serta kehilangan bahan makanan yang telah diolah. Akibat dari hal ini adalah anda akan mengalami yang namanya sembelit.

Bau Mulut

bau mulut

Diet rendah karbohidrat memiliki tujuan untuk dapat membakar lemak tubuh sehingga berubah menjadi energi.

Meski kemungkinannya cukup besar untuk berhasil, tetapi para ahli tidak setuju jika anda melakukan diet ini dalam jangka waktu yang panjang.

Efek yang disebut ketosis akan muncul ketika anda melakuakn diet ini. Efek tersebut membuat pembakaran lemak menghasilkan zat keton yang membuat mulut anda memiliki bau yang tak sedap. Bahkan bau ini juga tidak akan hilang meski anda menyikat gigi dan berkumur.

Sering Merasa Pusing

sakit kepala

Otak sangat membutuhkan karbohidrat seperti tubuh anda. Karbohdrat tersebut akan dipecah menjadi glukosa dan energi. Ketika otak tidak mendapat asupan energi yang sangat dibutuhkan, maka hal tersebut akan membuat otak tidak dapat bekerja secara maksimal.

Penelitian yang telah dilakukan di tahun 2008 juga menunjukkan bahwa wanita yang melakukan diet rendah karbohidrat dengan waktu yang lama cenderung menjadi mudah pusing dan pandangannya sering berputar serta menjadi sulit berpikir.

Oleh karena itu, sebaiknya anda berhati-hati ketika memilih diet. Pastikan anda bertanya ke dokter sebelum anda melakukan diet tersebut.

Budayakan gaya hidup sehat secara herbal dan alami.***

Tags : efek samping ketofastosis, bahaya ketofastosis, efek ketofastosis, ######################

6 pemikiran pada “Efek Negatif dari Menghindari Karbohidrat Saat Diet

  1. karbohidrat itu tidak essensial bagi manusia, dan ketosis itu adalah metabolisme manusia sebenarnya yg membuat tubuh menggunakan energi lemak, sebagai bahan bakar utama
    Ketone itu bahan bakar sel-sel otak yang terbaik, yang tidak mudah defisit seperti glukosa dan memicu reaksi hypoglycemic
    Ketone merupakan sumber bahan bakar otak yg konstan karena sumbernya dari lemak dimakanan dan juga dari “Body Fat” (lemak cadangan) yang melimpah tersimpan ditubuh
    tidak seperti halnya Glukosa dan Glycogen (cadangan Karbohidrat sementara diotot dan liver) yang mudah habis dalam 1×24 jam
    Saat seseorang sudah beradaptasi dengan kondisi ketosis, maka kebutuhan glukosa ditubuh akan sangat rendah, sehingga cukup dipenuhi oleh produksi glukosa diliver (Gluconeogenesis) yg menggunakan bahan baku Glycerol dan Alanine
    Kalori defisit terbaik adalah defisit dengan metabolisme ketosis, dimana keberadaan ketone ditubuh akan menciptakan efek perlindungan terhadap massa otot dan mencegah terjadinya katabolisme terhadap massa otot yg dapat menimbulkan penurunan metabolisme
    Kalori defisit tanpa keberadaan ketone jelas merupakan penyebab utama degradasi massa otot, dimana saat defisit besar terjadi, maka tubuh akan mendegradasi protein di otot sebagai sumber bahan baku produksi Glukosa didarah yg menurun (diet Yoyo)
    Ketosis itu adalah “missing link” dari metabolisme nenek moyang kita, dimana makanan tdk ada setiap saat, dan butuh proses untuk mencari makan
    Ketosis itu menunjukkan kemampuan survival yg tinggi, dimana tubuh beroperasi dgn “Fat Burning Mode” bukan “Glucose Burning Mode”
    Bedakan dengan jelas, mana Nutritional Ketosis dengan Keto-Acidosis yg merupakan patologis diabetes kronis

    • Tidak juga, manusia dilengkapi dengan amilase, protease dan lipase, bahkan air liur kita mengandung amilase, itu bukti bahwa manusia membutuhkan karbohidrat buka hy lemak dan protein. Ketosis hy pemikiran sepihak saja, blm ada penelitian ilmiah yg benar tentang ketosis hy masih peneliatian empiris yg masih seumur jagung. Sedangkan efek negatif akan dirasakan ketika penggunaaan jangka panjang bukan jangka pendek

  2. Mengkonsumsi karbo seperti dari kurma dan madu, dll, merupakan bab Sunnah. Gemuk dan tidak sehat itu karena kurang seimbang pola makan sehat, jumlah kalori yg masuk maupun keluar tak berimbang, serta kurang gerak alias olahraga.

  3. HOROTOYOHHH………
    sik lagi diet do bingung rep milih model sik kepiye??

    inti diet itu menakar jumlah kalori yang masuk dan keluar
    bukan menghindari jenis2 makanan tertentu
    karna tubuh tetap membutuhkan kandungan makanan yang beragam.

  4. Menurut saya.. Kuncinya adalah gaya hidup yg seimbang… Istirahat cukup.. Asupan ketubuh harus diimbangi dg aktivitas gerak seperti olah raga.. Krn tubuh kita seperti mesin.. Olah raga yg teratur & disiplin pd diri sendiri kunci tubuh ideal. Klo hanya bergantung diet ini itu disertai klaim2 paling baik …percuma belaka.. Seimbang itu saja plus pikiran positif

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!