Hati-hati, Gagdet Bisa Melemahkan Otak

Hati-hati, Gagdet Bisa Melemahkan Otak. Tentunya, selain membawa dampak positif bagi keidupan, teknologi juga membawa hal-hal negatif didalamnya.

Dampak positif akan anda rasakan ketika anda dapat memanfaatkan gadget dengan cukup baik, tetapi jika anda sudah ketergantungan oleh gadget, berarti anda telah terperangkap oleh efek negatif dari gadget.

Berhati-hatilah saat anda merasakan ketergantungan, karena gadget bisa melemahkan otak.

Membaca Artikel Online

artikel online

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Educational Research menyebutkan bahwa orang-orang yang rajin membaca konten online memiliki tingkat pemahaman lebih rendah pada bacaan yang dibacanya dibandingkan dengan mereka yang suka membaca dalam bentuk media cetak.

Saat anda membaca melalui media cetak, maka anda dengan mudah akan menemukan beberapa materi penting atau materi yang anda butuhkan di halaman tertentu.

Sedangkan jika anda membaca materi atau artikel pada layar LCD akan membuat anda tidak dapat menghindari cahaya yang berfluktuasi.

Dengan begitu, sulit untuk anda tidak merasakan kelelahan, terutama pada mata setelah beberapa saat mengamati layar monitor. Otak anda akan bekerja lebih keras supaya dapat menyimpan memori.

Oleh sebab itu, hindari sebisa mungkin tergantung pada teknologi yang ada di dalam gadget.

Teknologi canggih diciptakan bukan untuk memperbudak tetapi untuk membantu kehidupan anda. Gunakan sebaik mungkin dan secara tidak berlebihan.

Sosial Media

media sosial

Pastinya anda sudah mengetahui tentang multitasking, kemampuan untuk melakukan beberapa hal dalam satu waktu.

Tetapi menurut Erik Fransen yang merupakan seorang profesor ilmu komputer yang mengajar KTH Royal Institute of Technology, otak manusia memiliki batasan untuk dapat memproses 3 sampai 5 hal yang bisa dikerjakan secara bersamaan.

Jika saat bekerja di depan komputer anda tersambung dengan berbagai macam akun socmed, maka hal tersebut justru akan membuat anda menjadi lebih mudah kehilangan konsentrasi serta lupa apa yang harus dikerjakan dan diutamakan.

Anda akan semakin sulit untuk berkonsentrasi ketika anda semakin mendekati batas maksimal kerja otak.

Oleh sebab itu, ketika anda mengerjakan sesuatu yang penting, maka gunakan waktu selama kurang lebih 30 menit untuk dapat benar-benar fokus pada apa yang harus anda kerjakan karena otak membutuhkan waktu selama 10 sampai 15 menit untuk dapat benar-benar fokus pada apa yang harus anda kerjakan.

Untuk melakukan hal itu, usahakan untuk tidak terhubung atau memakai gadget ketika anda sedang mengerjakan hal yang sangat penting.

Instagram

instagram

Linda Henkel yang berasal dari Fairfield University pernah melakukan penelitian yang menjelaskan bahwa foto dapat memperkuat ingatan ketika anda memakai kamera untuk dapat mengingat sesuatu.

Tetapi saat menggunakan ponsel atau kamera digital, maka akan tersimpan begitu banyak foto. Ditambah lagi dengan mengupload banyak foto ke instagram membuat anda sulit untuk mengingat sesuatu yang telah anda dokumentasikan.

Utuk itu sebaiknya anda memilah foto menjadi beberapa kategori supaya dapat memanfaatkan memori otak anda dengan lebih baik.

Hati-hati, Gagdet Bisa Melemahkan Otak
Rate this post

Tags : efek menghayal bagi otak

Tinggalkan komentar