Hati-hati, Insomnia Bisa Timbulkan Serangan Jantung

Tentunya anda pernah merasakan yang namanya insomnia. Gangguan tidur terkadang menyerang orang sehingga membuat orang tersebut sulit sekali untuk tidur.

Jika anda sering mengalami gangguan seperti ini, maka anda perlu berhati-hati. Ada banyak orang yang mengabaikan masalah kurang tidur ini.

Padahal sebenarnya insomnia mampu menimbukan gangguan seperti sulit untuk konsentrasi dan tubuh terasa mudah lelah.

Tetapi, selain gangguan-ganguan seperti itu, insomnia juga sangat berbahaya bagi tubuh karena mampu memicu terjadinya penyakit jantung pada tubuh anda.

Menurut penelitian, penyakit insomnia kronis bisa menyebabkan rasa gelisah dan depresi pada penderitanya.

Peneliti asal Norwegia juga pernah mengatakan fakta yang berbeda, insomnia sampai dengan larut malam dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada para penderitanya jika dibandingkan dengan mereka yang tidur dan istirahat secara normal.

insomnia

Lars Erik Laugsand yang merupakan seorang peneliti asal Norwegian University of Science mengatakan bahwa hasil dari penelitian tersebut memang masih harus didukung dengan hasil dari penelitian-penelitian selanjutnya.

Supaya bisa mengonfirmasi dengan jelas penemuan yang didapat dari populasi berbeda. Selain itu, dengan dilakukan penelitian lanjutan, para peneliti akan semakin mengerti seberapa besar efek dari kurang tidur pada terjadinya serangan jantung.

Selain penelitian tersebut, penelitian terdahulu juga pernah menyebutkan bahwa terdapat adanya keterkaitan antara insomnia dengan tekanan darah yang berada dalam tubuh si penderita.

Tetapi dari semua penelitian yang dilakukan, hanya beberapa hasil penelitian yang menemukan bahwa terdapat efek meningkatnya resiko terkena penyakit jantung pada para penderita insomnia.

Penelitian terbaru sebelumnya juga seolah melengkapi pernyataan tersebut. Sebanyak lebih dari 50 ribu warga Norwegia yang berada di atas 11 tahun antara tahun 1995 sampai 1997 di test pada penelitian tersebut.

Menurut hasil pantauan selama kurang lebih 11 tahun menunjukan sebanyak 2.386 pendaftar telah mendapatkan serangan jantung untuk pertama kalinya.

Penelitian tersebut juga menemukan beberapa fakta seperti orang yang biasanya mengalami kesulitan tidur hampir setiap malam dan itu terjadi selama berbulan-bulan maka orang tersebut memiliki risiko sebenyak 45% lebih tinggi terkena serangan jantung.

BACA JUGA :  Apa Itu 4 Sehat 5 Sempurna?

Sementara itu, orang yang biasanya mengalami kesulitan untuk tetap tertidur telah mengalami peningkatan sebanyak 30% risiko terjadinya serangan jantung pada tubuhnya.

Dan terakhir untuk orang yang biasanya bangun di pagi hari tetapi dengan keadaan pikiran yang tidak tenang dan segar lebih dari sekali dalam satu minggunya maka berpotensi sebanyak 27% terkena resiko serangan jantung.

Itulah beberapa hasil penelitian yang dilakukan. Ternyata insomnia memang sangat berpengaruh terhadap serangan jantung pada tubuh.

Untuk itu, hindarilah penyakit ini dan tetap istirahat yang cukup guna menghindari penyakit yang lebih mematikan seperti penyakit jantung.

Mungkin agak susah karena ketika isomnia menyerang, akan sangat sulit untuk tidur kembali. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal seperti olah raga sehingga tubuh dengan mudah tertidur akibat dari rasa lelah.

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments

Leave a Reply: