Pahami dan Atasi Sakit Kepala Saat Puasa

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk mensucikan diri. Dengan niat seperti itu, maka anda juga harus menjaga kesehatan supaya tidak mengganggu aktivitas beribadah.

Tetapi bagaimana jika anda terserang sakit kepala ketika menjalankan ibadah puasa.

Tentunya, ini akan sangat mengganggu sehingga anda tidak fokus dalam menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, anda perlu membaca informasi berikut.

Cari Tahu Penyebab Sakit Kepala

penyebab sakit kepala

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari sakit kepala. Beberapa faktor tersebut adalah perubahan pada pola tidur, terserang stres atau tertekan ketika menjalani ibadah puasa, hipoglisemia dan berhenti mengkonsumsi kafein.

Sakit kepala biasanya di mulai pada siang atau sore hari. Orang yang sudah sering mengalami sakit kepala biasanya akan lebih mudah mengalami sakit kepala ketika menjalankan ibadah puasa.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Ada kabar baik buat anda yang sering mengalami sakit kepala saat puasa. Ternyata sakit kepala bisa diatasi tanpa harus batal puasa.

Jika anda sering mengkonsumsi minuman berkafein maka berpuasa dan berhenti meminum minuman tersebut secara mendadak akan membuat anda merasakan sakit kepala.

Jika sudah demikian, maka atasi hal itu dengan minum air putih yang cukup setiap buka dan sahur. Otak manusia memiliki kandungan air sebanyak lebih dari 75 persen.

Oleh karena itu, ketika sahur dan buka puasa tiba, segera cukupi kebutuhan air anda supaya dapat terhindar dari sakit kepala.

Selain itu, gula darah rendah atau Hipoglisemia juga dapat memicu terjadinya sakit kepala pada beberapa orang. Lalu, bagaimana caranya supaya gula darah bisa tetap stabil ketika menjalankan aktifitas puasa?

Pilihlah menu sahur yang memiliki kandungan gula yang sedikit sehingga bisa mencegah sakit kepala di siang harinya.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang banyak ketika sahur bisa meningkatkan gula darah dengan tajam, setelah itu gula darah akan merosot dengan tajam sehinggga mengakibatkan sakit kepala.

Hindari Penyebab Sakit Kepala

Supaya anda bisa terhindar dari sakit kepala, maka anda harus menghindari faktor pemicu terjadinya sakit kepala.

Seperti yang telah disebutkan, pemicu sakit kepala yang cukup umum adalah kurang tidur, stres dan penimbunan zat-zat yang ada di dalam tubuh yang seharusnya keluar.

Ketika menjalani ibadah puasa maka cobalah untuk bersikap tenang dan melakukan semua aktivitas ibadah dengan niat baik dan bersungguh-sungguh.

Lakukan hal-hal di atas supaya anda dapat terhindar dari sakit kepala yang tentunya akan mengganggu aktivitas ibadah anda.

Jika sakit kepala yang anda derita dirasa sudah terasa sangat menyiksa sehingga mengganggu aktivitas anda, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan lebih baik.

Itulah beberapa hal tentang sakit kepala yang terjadi pada bulan ramadan. Mengetahui penyebab dan cara menanganinya dapat membuat anda terhindar dari yang namanya sakit kepala.

Tags : sakit kepala saat puasa, cara mengatasi sakit kepala saat puasa

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!