Pengaruh Positif Puasa Pada Otak

Jika dilihat secara fisik, maka tubuh manusia dan hewan memiliki cara kerja yang cukup mirip.

Tetapi jika dilihat dari otak, maka otak dan pikiran manusia jauh lebih kompleks karena telah jauh berkembang dibandingkan dengan hewan.

Pikiran manusia berbeda dengan hewan karena tidak hanya berfokus pada air, makanan dan tempat tinggal tetapi juga memiliki kekuatan untuk dapat melakukan visualisasi dan refleksi.

Ternyata puasa yang saat ini dilaksanakan di bulan ini cukup berpengaruh terhadap kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di National Institute of Aging di Baltimore menyebutkan bahwa puasa dapat membantu orang-orang yang memiliki kondisi mental seperti Parkinson dan Alzheimer.

Jika anda berpuasa satu atau dua hari dalam satu minggu, maka bisa membantu anda untuk dapat memiliki kemampuan operasi otak yang sangat sehat dan sempurna.

Sekarang, coba bayangkan hasilnya jika anda berpuasa sebulan? Wah, tentu dengan memikirkannya anda semakin giat dan lebih bersemangat dalam menjalani ibadah puasa anda di bulan suci ini.

otak

Ada banyak dari kita yang berpikir bahwa dengan melakukan program diet yang ketat dan dilakukan selama seminggu penuh merupakan cara terbaik untuk dapat menurunkan berat badan.

Tetapi justru diet seperti ini dapat mempengaruhi otak serta sejumlah hormon yang ada di dalam tubuh.

Para ilmuwan yang pernah melakukan penelitian di National Institute of Aging di Baltimore telah mengungkapkan bahwa tidak makan atau puasa dalam satu atau dua hari per minggunya bisa lebih efektif jika dibandingkan dengan program diet yang terus berkelanjutan.

Di bawah ini ada beberapa dampak positif dari berpuasa terhadap otak :

  • Dapat merangsang peningkatan autofagi saraf atau proses penyingkiran struktur di dalam saraf yang tidak diperlukan lagi
  • Mampu meningkatkan produksi keton yang merupakan hasil dari penguraian lemak
  • Mampu mengurangi risiko stroke, trauma dan depresi
  • Dengan pembatasan konsumsi jumlah kalori saat berpuasa, maka anda dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Huntington dan Alzheimer

Puasa yang anda laksanakan di bulan Ramadan tentunya dilakukan dengan niat semata-mata hanya untuk ibadah sehinga bisa membuat anda merasa lebih bahagia.

Selain berbagai macam manfaat yang anda rasakan selama puasa, ternyata otak anda pun menjadi terasa lebih jernih karena puasa yang anda lakukan.

Tentunya manfaat puasa akan semakin terasa ketika dibarengi dengan beberapa kegiatan ibadah lain baik yang wajib atau pun yang sunnah.

Selain itu, anda juga perlu melakukan banyak kebaikan selama puasa di bulan Ramadan sehingga ibadah anda semakin terasa lebih bermakna serta kesehatan jiwa pun akan terjaga dengan sangat baik.

Itulah manfaat puasa untuk otak anda. Ternyata, ada begitu banyak manfaat puasa untuk tubuh kita. Dengan mengetahui hal ini, semoga anda semakin bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa.

Pengaruh Positif Puasa Pada Otak
Rate this post

Tags : manfaat puasa bagi otak, manfaat puasa untuk otak

Tinggalkan komentar