3 Penyebab Diabetes Yang Harus Dihindari

Diabetes merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Ada begitu banyak orang yang merasa kesulitan untuk beradaptasi ketika terserang penyakit diabetes.

Saat ini timbul anggapan bahwa diabetes terjadi karena disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Tetapi ternyata hal tersebut tidak tepat. Jika ingin tahu penyebab diabetes yang sebenarnya, maka silahkan lihat penyebab diabetes berikut ini.

Terlalu Sering Ngemil

Banyak orang yang mengira bahwa dengan membatasi makan siang atau makan malam dapat membuat anda terhindar dari obesitas dan penyakit diabetes.

Tetapi justru hal tersebut menyebabkan perut diisi kembali dengan beberapa camilan karena merasa belum kenyang.

Inilah salah satu penyebab diabetes. Biskuit dan kue-kue manis mengandung hidrat arang yang cukup tinggi tanpa dilengkapi dengan kandungan dan pangan yang cukup.

Makanan tersebut digolongkan ke dalam makanan yang memiliki glikemik indeks yang tinggi. Selain itu, tepung dan gula yang merupakan bahan baku dapat menaikkan kadar gula dalam darah anda.

Kurang tidur

kurang tidur

Penyebab diabetes lainnya adalah kurang tidur. Metabolisme jadi terganggu akibat dari kebiasaan ini.

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Chicago, jika anda kurang tidur selama 3 hari, maka akan mengakibatkan tubuh menjadi kesulitan untuk memproses glukosa.

Dengan begitu, resiko terkena diabetes pun akan meningkat.

Kurang tidur juga bisa merangsang hormon di dalam darah sehingga memicu peningkatan nafsu makan.

Dengan begitu, karena didorong oleh rasa lapar, maka penderita gangguan kurang tidur pun akan terpicu untuk menyantap makanan yang berkalori tinggi sehingga kadar gula dalam darahnya pun menjadi naik.

Jarang Beraktivitas Fisik

malas

WHO yang merupakan Badan Kesehatan Dunia pernah mengatakan bahwa kasus diabetes yang terjadi di negara-negara Asia akan terus naik hingga mencapai 90 persen dalam periode 20 tahun ke depan.

Hal ini terbukti karena dalam 10 tahun terakhir, peningkatan yang signifikan terjadi pada jumlah penderita diabetes di Vietnam. Hal tersebut terjadi karena masyarakatnya lebih memilih untuk naik motor dibandingkan naik sepeda.

Kesimpulan dari data tersebut adalah mereka yang melakukan sedikit aktivitas fisik memiliki risiko terkena obesitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang rajin berolahraga atau bersepeda, jalan kaki dan melakukan aktivitas lain.

Oleh karena itu, mari kita ciptakan hidup sehat dengan sering melakukan aktifitas fisik. Sekali-kali pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda tentu tidak apa-apa bukan?

Selain itu, jangan malas untuk jalan kaki kalau jarak yang ditempuh masih bisa dijangkau.

Itulah beberapa penyebab diabetes yang perlu anda waspadai. Intinya adalah tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan melakukan sedikit olah raga.

Jika anda menghindari ketiga penyebab diabetes di atas maka anda tidak hanya akan terhindar dari penyakit diabetes tetapi juga dapat menjalani hidup yang sehat.

Tags : penyebab diabetes, obat atau ramuan mustajab penyakit gula

2 pemikiran pada “3 Penyebab Diabetes Yang Harus Dihindari

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!