Waspadai Penyebab Sakit Maag Berikut…

Maag merupakan penyakit perut yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyakit ini bisa menyerang orang tidak peduli usianya berapa. Bukan hanya orang tua, anak muda pun bisa terkena penyakit ini.

Jika telat makan meski sebentar saja, maka para penderita maag akan merasakan rasa perih yang luar biasa pada lambungnya.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya maag sehingga anda dapat menghindari penyakit ini.

Penyebab sakit maag yang paling umun adalah dari kebiasaan menunda makan atau pola waktu makan yang kurang baik.

Hal tersebut akan cepat memicu terjadinya penyakit maag jika disertai dengan suka mengonsumsi makanan yang dapat merangsang dan mengiritasi lambung anda.

Oleh karena itu, hindari telat makan dan makanan-makanan yang dapat mengiritasi lambung. Pastikan anda tidak menunda makan pagi, siang dan makan malam supaya tidak terjadi penyakit maag.

sakit maag

Biasanya, seseorang menunda makan karena merasa belum lapar atau karena pekerjaan. Ini bukanlah kebiasaan yang baik karena selain dapat memicu terjadinya maag, pola makan seperti ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan anda.

Selain itu, dengan pola makan yang tidak teratur seperti itu, tubuh juga akan kekurangan tenaga dan gizi sehingga akan berpengaruh pada pekerjaan.

Ingatlah bahwa lambung anda harus diisi dengan makanan secara teratur. Jika sering menunda makan maka lambung akan menjadi kosong.

Pada saat itu, asam yang terdapat pada lambung akan terus di produksi. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan perut. Inilah penyebab sakit maag yang anda rasakan.

Pada awalnya, memang tidak ada keluhan yang dirasakan. Tetapi mungkin lama kelamaan anda akan mengeluh karena tidak enak perut.

Beberapa keluhan yang sering terjadi adalah kembung, mual dan juga rasa tidak nyaman pada perut. Penyebab sakit maag yang anda rasakan mulai terasa pada tahap selanjutnya.

Asam yang terdapat pada lambung dapat mengiritasi dinding lambung sehingga menyebabkan terjadinya sakit maag. Hal tersebut dapat terjadi karena lambung anda tidak diisi dengan makanan secara tepat waktu.

BACA JUGA :  Wanita Sebaiknya Mewaspadai Kanker Paru-paru

Sebenarnya ada penyebab sakit maag lain selain penyebab yang telah disebutkan di atas. Stres yang anda rasakan baik karena pekerjaan atau masalah lain dan kelelahan yang terjadi pada tubuh juga mampu merangsang keluarnya asam lambung yang menjadi penyebab sakit maag.

Hal ini biasanya diperparah dengan menunda waktu makan akibat dari stress yang anda rasakan.

Dengan begitu, seseorang yang biasanya sering menunda makan dan sering kelelahan atau stress akan lebih mudah terkena penyakit maag daripada orang yang tidak mengalaminya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindar dari perih yang dirasakan pada lambung, maka mulailah perbaiki pola makan anda dan istirahat ketika mulai merasa kelelahan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: