Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut merupakan salah satu hal yang paling ingin dihindari ketika bulan puasa.

Ini merupakan kondisi yang sering membuat seseorang kurang percaya diri ketika berbicara dan tampil didepan umun.

Apalagi jika harus berhadapan dengan client di kantor, tentunya ini adalah masalah yang harus di atasi.

Bau mulut sendiri selalu menjadi keluhan utama yang sering membuat seseorang tidak merasa nyaman.

Tetapi sebenarnya, kondisi ini cukup wajar terjadi karena produksi air liur dalam mulut akan menjadi lebih sedikit sehingga mulut menjadi kering.

Ada lebih dari 300 mikroorganisme normal yang berada di dalam rongga mulut. Ketika air liur berkurang, maka kandungan oksigen di dalam juga akan berkurang.

Akibat yang terjadi karena kondisi ini adalah bakteri anaerob akan terus berkembang biak di dalam mulut yang kekurangan oksigen.

Bakteri yang telah berkembang biak akan mengubah sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi serta memecah asam amino sehingga dapat menyebabkan mulut menjadi halitosis atau bau.

mengatasi bau nafas

Nah, jika ingin puasa anda terbebas dari bau mulut, maka silahkan ikut tips berikut.

  • Hindari rokok
  • Makan makanan yang memiliki kandungan serat didalamnya, contohnya adalah buah dan sayur.
  • Perbanyak meminum air putih. Minumlah air sebanyak 8 sampai 10 gelas supaya dapat membantu mencegah bau mulut pada siang harinya. Air putih dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut sehingga kebersihan mulut dapat terjaga dengan baik.
  • Hindari makanan dan minuman yang beraroma tajam dan menyengat. Contohnya seperti durian, petai, jengkol dan bawang putih.
  • Ketika tiba waktunya sahur dan berbuka puasa, maka usahakan untuk meminum teh hijau tanpa memakai gula. Teh hijau memiliki zat polyphenol yang sangat berguna untuk dapat membersihkan bakteri yang ada pada mulut dan saluran pencernaan di dalam tubuh.
  • Hindari makanan yang manis dan lengket. Contohnya seperti es krim, biskuit, cokelat, karamel dan dodol. Makanan manis dan lengket sangat sulit dibersihkan sehingga akan mempel pada gigi dan menyebabkan bau mulut.
  • Saat menjelang atau sesudah berbuka, lakukan olahraga yang ringan. Lakukan olahraga ini secara teratur karena bisa melepaskan zat-zat yang beracun di dalam tubuh termasuk juga berbagai macam penyebab bau dari mulut.

Itulah beberapa tips menghilangkan bau mulut ketika puasa. Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Anda hanya perlu menghindari beberapa jenis makanan dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan serta melakukan sedikit olahraga ketika menjelang berbuka.

Dengan begitu, anda dapat terbebas dari bau mulut ketika berpuasa sehingga anda bisa tampil di depan umum tanpa perlu merasa kurang percaya diri.

Selain beberapa tips di atas, usahakan juga untuk memakan makanan yang bergizi sehingga anda tetap bisa sehat selama menjalani ibadah puasa.***

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa
Beri Rating
Tags : cara hilangkan bau jengkol di mulut

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!